4 Jam Di Pasar Induk Singapura

Main Article Content

Yudi Anto

Abstract

Pasir Panjang Wholesales Centre, tulisan besar-besar itu terpampang di pinggir Pasir Panjang road. Dari pasar induk yang bersih dan teratur rapi itulah produk pertanian dari mancanegara didistribusikan. Ada yang dikonsumsi lokal, banyak pula yang dire-ekspor ke negara lain. Wartawan Mitra Usaha Tani, Evy Syariefa Firstantinovi, melaporkan hasil perjalanannya ke sana.
Jalan lebar beraspal mulus yang membelah deretan kios seakan menjadi awal aktivitas Pasir Panjang Wholesales Centre. Di sepanjang jalan berderet puluhan kontainer. Sejumlah pekeija pria sibuk menurunkan buah dan sayuran, lalu dipisahkan sesuai tujuan: pasar tradisional, cara menanam pohon coklat dari biji tatacara menanam coklat kebun coklat balongbendo krian sidoarjo kebun coklat sidoarjo cara budidaya kakao yang baik dan benar budidaya cocoa menanam kakao dari biji cara menanam kakao yang benar kebun coklat di blitar budidaya pohon coklat pasar swalayan atau dire-ekspor. Hampir seluruh buah dan sayuran impor masuk ke Singapura melalui pasar induk seluas 14ha yang dibangun pemerintah pada 1983 ini.

Article Details

How to Cite
Anto, Y. (2014). 4 Jam Di Pasar Induk Singapura. Pelita Perkebunan (a Coffee and Cocoa Research Journal), 21(2). Retrieved from https://ccrjournal.com/index.php/ccrj/article/view/486
Section
Articles