Effect of Polybag size on growth of dwarf and tall type of Arabica Coffee seedling

Main Article Content

Abdul Mukti Nur

Abstract

Penelitian untuk mempelajari pengaruh ukuran polibag terhadap pertumbuhan bibit kopi Arabika tipe Kate (dwarf) dan jagur (tall) baik di pembibitan maupun setelah dipindah ke lapangan telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Kaliwining, Pusat Penelitian Perkebunan Jember.
Bibit kepelan kopi Arabika CIFC 520-3 dengan tipe pertumbuhan kate dan BP 429 A yang bertipe jagur dipindah ke dalam 4 macam ukuran polybag yang telah diisi medium campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Empat macam ukuran (lay-flat) polibag yang digunakan, yaitu 11 cm x 30 cm, 15 cm x 30 cm, 18 cm x 30 cm, dan 20 cm x 30 cm. Bibit ditanam dengan jarak 25 cm x 25 cm dan diatur menurut rancangan acak lengkap berkelompok dalam 5 ulangan. Tiap ulangan tendiri dari 10 tanaman. Perlakuan disusun secara faktorial. Pengamatan pertumbuhan pada fase pembibitan dilakukan pada umur 3 dan 5 bulan, meliputi tinggi bibit, diameter batang, jumlah daun, jumlah cabang primer, dan bahan kering (bio-mass) tanaman. Pemindahan bibit ke lapangan dilakukan pada umur 5 bulan. Bibit ditanam dibawah naungan lamtoro yang sudah berfungsi baik dengan jarak 1,5 m x 1,5 m. Lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Pertumbuhan diamati pada umur 5 bulan setelah pemindahan, meliputi tinggi tanaman, diameter batang, dan jumlah cabang primer.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa sampai dengan umur 5 bulan tidak terdapat pengaruh interaksi antara ukuran polybag dengan tipe pertumbuhan bibit. Pertumbuhan bibit dalam polibag ukuran 15 cm x 30 cm tidak berbeda dengan yang berukuran 20 cm x 30 cm dan secara statistik lebih baik dari pada yang ditumbuhkan pada polybag berukuran 11 cm x 30 cm. Namun, pertumbuhan bibit dalam polibag ukuran 11 cm x 30 cm pada umur 5 bulan di lapangan tidak berbeda dengan ukuran polibag lainnya, menunjukkan bahwa di dataran rendah bibit kopi Arabika yang ditumbuhkan dalam polybag berukuran 11 cm x 30 cm pada umur 5 bulan secara agronomis sudah memenuhi syarat untuk dipindah ke lapangan. Dengan demikian, untuk pembibitan kopi Arabika dapat digunakan polybag ukuran 11 cm x 30 cm atau 15 cm x 30 cm.
Pertumbuhan bibit CIFC 520-3 lebih pendek dari pada BP429 A, tetapi memiliki daun dan cabang primer lebih banyak. Sedangkan pertumbuhan diameter batang, akar, dan bahan kering sampai dengan umur 5 bulan tidak berbeda.

Article Details

Section
Articles